Information

Kebaktian Umum (minggu, 07.30 - 09.15) ; Kebaktian Sekolah Minggu (minggu, 07.40 - 09.00) ; Latihan Musik (kamis, 18.30 - 20.00) ; Persekutuan Kaum Wanita dan Pria (Sabtu, 19.00 - 20.30) ; Menara Doa (Jumat , 19.00 - 21.00); Persekutuan Muda Mudi (Sabtu, 19.00 - 20.30)

Minggu, 06 Februari 2011

Beribadah Kepada Tuhan


Keluaran 16 : 29-36
16:29 Perhatikanlah, TUHAN telah memberikan sabat itu kepadamu; itulah sebabnya pada hari keenam Ia memberikan kepadamu roti untuk dua hari. Tinggallah kamu di tempatmu masing-masing, seorangpun tidak boleh keluar dari tempatnya pada hari ketujuh itu."
16:30 Lalu beristirahatlah bangsa itu pada hari ketujuh.
16:31 Umat Israel menyebutkan namanya: manna; warnanya putih seperti ketumbar dan rasanya seperti rasa kue madu.
16:32. Musa berkata: "Beginilah perintah TUHAN: Ambillah segomer penuh untuk disimpan turun-temurun, supaya keturunan mereka melihat roti yang Kuberi kamu makan di padang gurun, ketika Aku membawa kamu keluar dari tanah Mesir."
16:33 Sebab itu Musa berkata kepada Harun: "Ambillah sebuah buli-buli, taruhlah manna di dalamnya segomer penuh, dan tempatkanlah itu di hadapan TUHAN untuk disimpan turun-temurun."
16:34 Seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, demikianlah buli-buli itu ditempatkan Harun di hadapan tabut hukum Allah untuk disimpan.
16:35 Orang Israel makan manna empat puluh tahun lamanya, sampai mereka tiba di tanah yang didiami orang; mereka makan manna sampai tiba di perbatasan tanah Kanaan.
16:36 Adapun segomer ialah sepersepuluh efa.

Kalo kita perhatikan ayat ini menceritakan tentang hari sabat. Hari ke 7 kita istirahat dan memberikannya untuk Tuhan. Banyak dari kita yang sekarang sudah tidak menguduskan hari sabat.
1 gomer = sepersepuluh efa (36 liter) = 3,6 liter

Dibandingkan dengan
Keluaran 20: 8-11
20:8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
20:9 enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
20:10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
20:11 Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

Jika kita melihat akhir zaman ini begitu mengerikan, terjadi gejolak yang sama di setiap Negara,.ini terjadi supaya manusia kembali kedasar. Perintah Allah agar kita menguduskan hari sabat, dan ini yang disampaikan Tuhan kepada Musa.
Kuduskan lah hari sabat, pekerjaan baik yang mengikat kita dengan Tuhan. Tak ada yang sia sia bila kita melakukan pekerjaan baik dimata Tuhan. Tuhan telah menyediakan 6 hari untuk kita bekerja, dan di hari ke-7 Tuhan ingin kita datang kepadaNya.. Tuhan tidak diam, Tuhan tidak membiarkan kita, karena Tuhan telah menyediakan semua yang kita butuhkan, Dan dia telah menyediakan berkat berkat yang melimpah.

Keluaran 23:25 Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu.

Tuhan tidak akan membiarkan kita sakit atau gagal saat kita dekat dengan Tuhan, saat kita beribadah kepada Tuhan.
Yang menjadi pertanyaan kita adalah keadaan kita saat ini?
- Melanggar perintah Allah
- Turut perintah Allah
Saatnya kita evaluasi keadaan kita? Apakah kita mau menjadi kebanyakan bangsa Israel yang bersungut-sungut dan melanggar perintah Allah atau seperti Yosua dan Kaleb yang sampai di tanah kanaan?

Saat kita beribadah kepada Tuhan, Tuhan akan:
- Memberkati makan dan air minum
- Menjauhkan penyakit dari tengah-tengah kita
- Menghancurkan musuh-musuh kita

Kebaktian Mingu, 6 Februari 2011
Firman Tuhan: Pdt.Ir. M. Silitonga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Acara Kebaktian Jumat Agung