Information

Kebaktian Umum (minggu, 07.30 - 09.15) ; Kebaktian Sekolah Minggu (minggu, 07.40 - 09.00) ; Latihan Musik (kamis, 18.30 - 20.00) ; Persekutuan Kaum Wanita dan Pria (Sabtu, 19.00 - 20.30) ; Menara Doa (Jumat , 19.00 - 21.00); Persekutuan Muda Mudi (Sabtu, 19.00 - 20.30)

Senin, 31 Januari 2011

Bertumbuh Dalam Penderitaan

Dalam penderitaan kita bisa bertumbuh dan kita juga bisa kecewa.
Ayub 42: 1-6
42:1. Maka jawab Ayub kepada TUHAN:
42:2 "Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.
42:3 Firman-Mu: Siapakah dia yang menyelubungi keputusan tanpa pengetahuan? Itulah sebabnya, tanpa pengertian aku telah bercerita tentang hal-hal yang sangat ajaib bagiku dan yang tidak kuketahui.
42:4 Firman-Mu: Dengarlah, maka Akulah yang akan berfirman; Aku akan menanyai engkau, supaya engkau memberitahu Aku.
42:5 Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau.
42:6 Oleh sebab itu aku mencabut perkataanku dan dengan menyesal aku duduk dalam debu dan abu."
Mencari sosok seperti Ayub di zaman sekarang ini sangat lah langka. Ayub adalah contoh seorang yang saleh, jujur, takut akan Allah dan menjauhi kejahatan - hidupnya diberkati Tuhan dengan sangat berkelimpahan dalam perjanjian lama di Alkitab.
Kekayaan yang dimiliki Ayub Sebelum Pencobaan (Ayub 1:2-3)
7 anak laki-laki dan 3 anak perempuan, 7000 ekor kambing, 3000 ekor unta, 500 pasang lembu, 500 ekor keledai betina. Dan semua harta yang dimilikinya ini habis.. dan seorang pendamping yang dimilikinya menghujat ayub dan menyuruh mengutuk Tuhannya, dan semua teman-temannya menjauhi dia.
Semua penderitaan Ayub sempat membuat Ayub kecewa sehingga ia berani berbantah dengan Tuhan dan menunjukkan semua kesalehannya untuk menjadi bahan pertimbangan Tuhan atas keputusan-keputusanNya. Orang yang jujur, saleh, dan Takut akan Tuhan seperti Ayub pun pernah mengalami kekecewaan.
Ayub 3:11 Mengapa aku tidak mati waktu aku lahir, atau binasa waktu aku keluar dari kandungan?
Ayub 3:25 Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku.
Namun yang luar biasa adalah Ayub segera menyadari bahwa tidak sepantasnya Ia berbantah dengan Tuhan,. Karena itu Ayub kemudian mengakui.
Ayub 39:36 Maka jawab Ayub kepada TUHAN:
Ayub 39:37 "Sesungguhnya, aku ini terlalu hina; jawab apakah yang dapat kuberikan kepada-Mu? Mulutku kututup dengan tangan.
Ayub 39:38 Satu kali aku berbicara, tetapi tidak akan kuulangi; bahkan dua kali, tetapi tidak akan kulanjutkan."
Dan Ayub tahu bahwa Tuhan sanggup melakukan melakukan yang terbaik buat ayub
Ayub 42:2 "Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.
Ayub 42:3 Firman-Mu: Siapakah dia yang menyelubungi keputusan tanpa pengetahuan? Itulah sebabnya, tanpa pengertian aku telah bercerita tentang hal-hal yang sangat ajaib bagiku dan yang tidak kuketahui.
Ayub 42:5 Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau.
BIla Kita mau bertumbuh, apa yang harus kita lakukan??
1. Kalo kita mau bertumbuh kita harus percaya bahwa Tuhan sanggup melakukan segala perkara, karena bagi Tuhan tidak ada yang mustahil.
2. Kalo kita mau bertumbuh kita harus sadar bahwa rencana Tuhan tidak akan pernah gagal.
3. Kalo kita mau bertumbuh kita harus mengerti pengetahuan Firman Tuhan.
4. Kalo kita mau bertumbuh kita harus sadar bahwa Tuhan adalah sahabat kita, Tuhan adalah kekasih jiwa kita
"Lalu Tuhan memulihkan keadaan Ayub, setelah ia meminta doa untuk sahabat-sahabatnya, dan Tuhan memberikan kepada Ayub dua kali lipat dari segala kepunyaannya dahulu" (Ayub 42:10).

Kebaktian Minggu, 30 Januari 2011
Firman Tuhan oleh Pdt. T.R. Sitorus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Acara Kebaktian Jumat Agung